Besok, Kepastian Hasil Tes DNA Harusnya Diketahui

Monday, August 10, 2009

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil tes DNA terhadap pria misterius yang diduga gembong teroris paling dicari di Indonesia, Noordin M Top, paling cepat akan diketahui esok hari. Hasil tersebut akan menguak jatidiri pria misterius yang tewas pada drama baku tembak yang terjadi di sebuah rumah di Dusun Beji, Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (8/8) lalu.

Hal ini disampaikan mantan Kepala Pusat Laboratorium Forensik Markas Besar Polri Brigjen Pol (Purn) Dudon Satyaputra ketika dihubungi Kompas.com, Senin (10/8) siang. "Proses pemeriksaan DNA hanya memakan waktu tiga hari. Apalagi data pembandingnya sudah ada," ujar Dudon di Jakarta.

Ketika ditanya pernyataan resmi Juru Bicara Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna yang mengatakan bahwa hasil DNA baru selesai dalam kurun waktu dua minggu, Dudon mengatakan pihak kepolisian mungkin memiliki tingkat kesulitan tertentu.

Kendati demikian, Dudon kembali menegaskan, berdasarkan pengalamannya sebagai kepala Puslabfor, pemeriksaan DNA, baik terhadap gembong teroris maupun rakyat biasa, sepanjang telah ada data pembandingnya, akan berlangsung tiga hari. "Mau tanya ke ahli DNA yang lain, jawabannya sama, yaitu tiga hari," ujar Dudon.

Seperti diberitakan, Sabtu lalu pihak kepolisian membawa jasad pria misterius itu ke RS Polri. Proses identifikasi telah berlangsung pada hari itu juga.

Sumber: www.kompas.com

Labels:
Bookmark and Share

0 comments: