Malam Ini, Gerakan Indonesiaunite Deklarasikan Amanat Bersama

Sunday, August 16, 2009

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan Indonesiaunite pukul 23.00 malam ini, secara serentak di beberapa kota di Indonesia akan mendeklarasikan Amanat Bersama sebagai wujud dari rasa nasionalisme, anti-kekerasan dan seruan untuk Indonesia bersatu dan bangun negeri.

Gerakan yang dimulai di dunia maya ini, merupakan semangat untuk bersatu, tidak menyerah, dan tidak takut, yang dipicu oleh aksi terorisme pada 17 Juli 2009; didukung lapisan masyarakat lintas generasi dan berbagai kelompok masyarakat.

Beberapa kota yang akan mendeklarasikan amant Bersama ini diantaranya di antaranya Jakarta, Palembang, Yogyakarta, Bogor, Papua, NTT, Ambon dan lain-lain.

Di Jakarta rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Adhyaksa Dault, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie, dan perwakilan negara sahabat.
Adapun Isi Amanat Bersama tersebut adalah:
Kami adalah generasi baru, pewaris sah Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kami adalah generasi baru, yang menolak untuk hidup dan tumbuh dengan rasa takut. Kami memilih menjadi pemberani.

Kami adalah generasi baru, yang percaya setiap kekerasan hanya akan melahirkan kekerasan baru. Karena itu, kami akan berusaha untuk memutus rantai kekerasan melalui karya kemanusiaan di mana pun kami berada.

Kami adalah generasi baru, yang percaya penuh dengan prinsip demokrasi, kemanusiaan, kesetaraan, dan saling menghormati. Karena itu, kami menolak segala bentuk diskriminasi.

Kami adalah generasi baru, yang akan membangun sebuah bangsa dan negara yang bermartabat dan terhormat, mampu mempersatukan Indonesia, melindungi hak-hak individu, berdiri di atas semua golongan, serta memuliakan manusia-manusia yang menjadi rakyatnya.

Pendeklarasian Amanat Bersama tersebut dilaksanakan di tengah-tengah acara Indonesiaunite Culturefest yang diadakan di Jakarta, Ambon, Palembang, NTT dan beberapa daerah lainnya. Acara yang diprakarsai oleh Green Music Foundation turut menampilkan Glenn Fredly, Pandji Pragiwaksono, Humania, RAN, The Upstairs, Barry Likumahuwa Project, Ras Muhammad, Ecoutez, Endah & Rhesa, Kwaci, Zigaz, Eki Dancer, dan Tarian Papua.

Indonesiaunite Culturefest sekaligus menjadi pembuka rangkaian kegiatan lainnya yang akan diadakan pada tanggal 17 Agustus 2009, yang menjadi mengejawantahan semangat Indonesiaunite dalam tindakan nyata.

Sumber: www.kompas.com


Berita Terkait :

  • Bendera Tergulung, Paskibra Pingsan

  • Kejanggalan Upacara HUT Kemerdekaan di LP Cipinang

  • Google Pun Merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia

  • HUT Kemerdekaan Dinodai Pengibaran Bintang Kejora

  • Malam Ini, Gerakan Indonesiaunite Deklarasikan Amanat Bersama

  • Bendera OPM dan RMS Berkibar di Belanda
  • Labels:
    Bookmark and Share

    0 comments: