Twitter Akan Sediakan Layanan Premium

Saturday, August 22, 2009

VIVAnews - Layanan mikroblog Twitter tahun depan akan mulai memanen pendapatan dengan meluncurkan layanan akun komersial.

Salah satu pendiri Twitter, Bizz Stone mengatakan bahwa perusahaannya sedang dalam tahap penggodokan layanan akun komersial yang akan menyasar target pengguna bisnis untuk berlangganan secara premium.

"Twitter akan tetap gratis untuk setiap orang, sehingga mereka tetap tergila-gila dengan Twitter," ujar Stone dikutip dari situs VentureBeat. Namun, menurut Stone, Twitter sudah mengincar beberapa hal yang bisa menjadi sumber profit bagi mereka.

Nantinya, pelanggan premium akan mendapatkan fitur analisa yang lebih detil mengenai akun Twitter miliknya. Selain itu, perusahaan juga bisa memanfaatkan fitur-fitur premium untuk mencari pelanggan, dan melakukan riset pasar.

"Kami ingin membangun statistik atau analisa yang memungkinkan pengguna mengetahui 'bagaimana posisi saya di Twitter?'" kata Stone. Namun demikian, ia tidak memberikan waktu spesifik kapan fitur itu akan siap menjadi layanan baru mereka.

Dengan menyediakan layanan komersial, Twitter akan menempatkan diri sebagai pesaing pengembang pihak ketiga bernama CoTweet, yang sudah menyediakan fitur manajemen customer relation di jejaring Twitter.

Namun demikian, Stone berusaha menempatkan diri untuk tidak mengganggu keberadaan pengembang pihak ketiga yang telah ada. "Kami tetap akan mendukung ekosistem dengan segenap Application Programming Interface untuk komersial," ujarnya.

Menurut penghitungan metrik internet versi comScore, Pada Juni lalu, Twitter telah menarik hingga 44,5 juta pengguna unik di seluruh dunia. Hingga Twitter juga telah mengumpulkan pendapatan hingga US$ 55 juta.

Sebelum akhirnya FriendFeed diakuisisi oleh Facebook, Twitter sudah sempat melakukan pembicaraan dengan FriendFeed. Tahun lalu, Twitter malah sudah membeli Summize, untuk membangun kemampuan pencarian di Twitter.

Dengan kemampuan pencarian barunya itu, Twitter kemudian mengubah tampilannya dengan menempatkan mesin pencari di sentral laman utama.

Labels:
Bookmark and Share

0 comments: