Mimpi Bertemu Kakek, Temukan 6 Ribu Koin Kuno

Tuesday, August 25, 2009

KLATEN (KRjogja.com) - Harsono (48), warga Dukuh Karangan, Desa Tanjungan, Wedi, Kalten, Jawa Tengah, menemukan 6 ribu uang koin kuno, Minggu (23/8). Setiap koin berdiameter 2,5 cm, warnanya kuning seperti uang Rp 500 sekarang.

Dikatakan Harsono, penemuan ini terjadi secara tidak sengaja ketika dirinya tengah menggali cemplongan (tempat sampah. red) di tanah pekarangan miliknya. Pada kedalaman sekitar setengah meter, cangkulnya terantuk benda keras, yang ternyata sebuah periuk penuh berisi koin. Setelah dibersihkan, ternyata periuk yang terbuat dari tanah liat ini berisi uang koin kuno. Bagian tengah uang ini terdapat lubang berbentuk segi empat, pada sisi lubang terdapat tulisan huruf Cina.

Menurut Harsono, sebelum menemukan benda itu, dirinya seperti mendapat firasat. Dalam tidurnya Harsono bermimpi didatangi oleh seorang kakek. “Dia minta saya untuk menggali pekarangan di halaman rumah saya, karena di sana terdapat harta karun,” aku Harsono.

Hingga Senin (24/8) kemarin, uang-uang bersejarah ini tengah diteliti Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah. Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Perlindungan BP3 Tri Wismabudhi, mengatakan, telah menugaskan 2 orang staf untuk datang ke tempat penemuan dalam rangka penelitian. Karena barang bukti masih berada di Polsek Wedi, pihaknya masih berkoordinasi dengan petugas di sana. (Sit)

Sumber : www.krjogja.com

Labels:
Bookmark and Share

0 comments: